Laman

Senin, 31 Mei 2010

Baca Al- Quran,

Ramadhan sering dikait-kaitin ama Al-Qur’an, bahkan bulan Ramadhan sering mendapat gelar “ Syahrul Qur’an “ (ngerti gk?) artinya “bulan Al-Qur’an”. Karena Al-Qur’an dinuzulkan pada bulan yang mulia ini. Makanya Ramadhan identik ama orang2 yg bawa Al-Qur’an kemana-mana, trus ngejar target khataman berkali-kali dibulan ini. Ada yang biasanya gak pernah khatam Qur’an slama 11 bulan, dibulan ini semua dituntaskan.

Begitulah, Qur’an menjadi ladang pahala dibulan puasa. Kalau di hari biasa aj pahalanya satu huruf satu kebaikan, gimana coba dibulan Ramadhan ? bisa berlipat-lipat deh!!he.. yg penting jauh lebih besar ketimbang hari biasa, apalagi orang yang mengajarkannya “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” ( HR.Bukhari )

Ibnu Abbas menceritakan tentang Ramadhannya Rasulullah SAW yang full tilawah, begini penuturannya….
“ Adalah Rasulullah Muhammad Shallallaahua ’Alaihi wa Sallam orang yang paling murah hatinya, lebih – lebih pada bulan Ramadhan. Ketika dijumpai malaikat Jibril pada tiap malam - malamnya, maka beliau mengajaknya bertadarus Al-Qur’an.” (HR.Bukhari&Muslim)

Ada yang baca Al-Qur’an dengan kecepatan supersonik, tanda2 waqaf semua dilanggar kecepatan suara juga kalah dibuatnya dan sampe-sampe gk ketahuan ini orang baca Qur`an ato baca mantra, he.he... Ada juga yang membaca sekenanya saja, yang penting khatam urusan panjang pendek atau tanda baca urusan belakangan yang penting target khatam harus nyampe, pokoknya harus khatam, khatam dan khatam !!

Gimana sih caarbnya adab membaca Al-Qur’an yang benar ? ?
“ …dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil…” (QS.Muzammil:4)
Apaan tuh? Tartil artinya dibaca dengan benar sesuai dengan tajwidnya dan dilantunkan dengan merdu. Bukan dengan nada heavymetal bahkan underground. Panjang pendek huruf harus diperhatikan dngan benar, soalnya salah panjang pendek dapat mempengaruhi arti. Misalnya lam panjang (dibaca laa) artinya “tidak”, lam pendek ( la ) artinya ”sungguh ”. beda banget khan ??

Buat bacaan nya belum bener atau malah bel;um bias sama sekali, Ramadhan adalah saat tepat untuk memulai. Coba deh ikutan program Bimbingan Baca Al-Quran di sekitarmu (..oh ya, shabat2 udh pada tau belum??, FOSI ngadain BBQ lho bulan ini, ikutan yaa!, ntar bakalan rugi berat klo ampe gk ikut!…ditunggu kedatangannya he..he.. skalian promosi kebaikan gt lho..!!! ). Selain itu biar lebih lancar coba deh dengerin kaset murrotal berulang-ulang. Insya Allah kamu step by step bakalan bisa. Bahagialah buat orang-orang yang baca Al-Qurannya masih terbata-batas namun dia membacanya dan mencoba memperbaikinya, Rasulullah menyebutkan bahwa orang itu bakalan mendapatkan dua
pahala. pahala yang pertama adalah pahala membaca Al-Quran dan pahala yang kedua adalah pahala belajar membaca Al-Quran.

Ada beberapa Tips tuk kamu supaya tilawah Qur’anmu dibulan Ramadhan ini lebih bermakna lagi…

1. Bawa mushaf kemanapun kamu pergi ( tapi jgn keWC ya !! )

Menurut sebuah penelitian, dari 24 jam waktu kita dalam sehari, rata-rata ada lebih dari 3 jam kita gunakan untuk hal-hal yang tidak produktif, kayak lagi nungguin dosen datang, nungguin bus kota mampir, atau nungguin giliran mandi (buat anak kosan) de el el.
Jangan ampe kamu jadi penunggu (bukan penunggu rumah tua lho) yang sia-sia. Waktu luang adalah salah satu nikmat yang diberikan Allah kepada kita, namun sering banget kita lupain. Manfaatin waktumu dengan baik, jangan sampai kita menjadi orang2 yang kufur naudzubillah minzalik. Dengan membawa Al-Qur’an kemanapun (usahain yg enak dibawa kemana-mana), kamu bakal mendapat alternative kegiatan setiap ada waktu kosong. Upps !!, Tapi bukan berarti kamu baca Qur’an kalau pas ada waktu luang aja !!! Jangan lupa, sediakan waktu khusus buat tilawah Al-Qur’an.

2. Selami artinya

Pernah nonton siaran langsung sholat terawih dari Makkah? Imamnya dan jamaah lain sering banget menangis ketika membaca surat-surat Al-Quran, terutama yang terkait dengan surga, neraka atau peringatan Allah buat manusia yang sering terlupa.
Membaca Al-Quran beda dengan melafadz- kannya. Makanya sangat penting buat kita untuk tidak sekadar membaca teksnya saja, namun juga memahami maknanya. Kalau kamu bisa bahasa arab, oke banget tuh ! Buat yang belum bisa bahasa arab, penting untuk punya Al-Quran yang ada terjemahannya.
Kalau mau lebih mendalam lagi, datang aja ke kajian-kajian tafsir Al-Quran yang sekarang banyak diselenggarakan. Buat yang suka ngebaca, kitab-kitab tafsir juga banyak, kok !!! tinggal gimana kamunya aja lagi……

3. Baca bareng-bareng

Kalau kita membaca Qur’an sendirian, nggak bakal ada yang ngingetin kita apabila salah baca. Adanya partner membaca Qur’an akan membuat kualitas bacaan kamu tetap terjaga, soalnya ada yang ngawasin n ndengerin ngaji kamu. Di sisi lain temenmu pun demikian. Dalam bahasa biologi, membaca Al-Quran bareng-bareng adalah sebuah simbiosis mutualisme ( inget pelajaran SLTP gak ?) antara dua ato lebih organisme.
Kamu bisa baca Al-Quran rame-rame bareng ama teman atau keluarga atau bisa juga ikut acara yang memang untuk itu, Tadarus Al-Quran udah sholat tarawih misalnya. Dengan taktik ini secara cerdik bakalan ningkatin kualitas bacaanmu hingga bisa istiqamah tartil ( masih inget gak! ). Dan semoga kita semua dapat mencapai derajat takwa di sisiNya di bulan yang penuh barakah ini. Amiin ...
Wassallam ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar