Laman

Minggu, 29 Agustus 2010

pengertian shadaqah

seorang muslim harus banyak-banyak shadaqah karena dengan shadaqah itu akan menjaga bahaya, karena malaikat selalu mendoakan kepada orang yang shadaqah supaya cepet-cepet diganti sebalik bagi orang yang kikir malaikat mendo'akan supaya cepat-cepat lenyap hartanya. laul apa yang dimaksud denga shadaqah?
Shadaqah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, dEmgan mengharap ridha Allah semata. Dalam kehidupan sehari-hari biasa disebut sedekah.
Hukum shadaqah ialah sunnat : hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT, sebagai berikut :
Artinya : "Dan bersedekahlah kepada Kami, sesungguhnya Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang bersedekah" (Yusuf : 88)
Allah juga berfirman sebagai berikut :
Artinya : "Dan kamu tidak menafkahkan, m~/ainkan karena mencari keridhaan Allah dan sesuatu yang kamu belanjakan, kelak akan disempurnakan ba/asannya sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya". (QS. AI Baqarah : 272) /
Shadaqah merupakan salah satu amal shaleh yang tidak akan terputus pahalanya, seperti sabda Rasulullah SAW:
Artinya : "Apabila seseorang te/ah meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali
tiga perkara, shadaqahjariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang selalu mendo'akan
kedua orang tuanya". (HR. Muslim)
Pemberian shadaqah kepada perorangan lebih utama kepada orang yang terdekat dahulu,
yakni sanak famili dan keluarga, anak-anak yatim tetangga terdekat, teman sejawat, dan seterusnya.
dalam bershadaqah harus yang baik jangan yang sudah lama, layu dan sebagainya, yang penting sebagian harta yang dicintai dalam Al-Quran surat al-'Imran ayat 92 dikatakan مما تحبون dalam ilmu nahwu yaitu kitab شرح التصرح على التوضح فى النحو halaman 637 dikatakan bahwa min disana min litab'id artinya sebagian jaid yang dikeluarkannya adalah sebagian harta, dan bershadaqah jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak sampai habis harta semua tapi sewajarnya atau pertengahan karena keterangan mengatakan urusan yang paling baik adalah pertengahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar